Tips Dan Trik Cari Lowongan Kerja


Tips Menulis Surat Cari Lamaran Kerja

  1. Sertakan resume atau bukti pengalaman kerja anda (jika ada). Anda harus jujur dalam hal ini agar menguntungkan ke-dua belah pihak baik bagi Anda maupun bagi perusahaan yang menyediakan lowongan kerja. Hendaknya mencantumkan resume atau refrensi kerja yang benar-benar valid atau sah. Jika resume yang anda lampirkan tidak valid kemudian pihak perusahaan mengetahuinya, maka jangan harap anda bisa diterima kerja
  2. Penggunaan kertas resume lowongan kerja yang baik. Dalam hal ini usahakan agar menggunakan kertas warna putih dan ukuran standar. Biasanya ukuran kuarto (letter) atau A4
  3. Sebaiknya Mengunakan Tinta Hitam. Karena menulis dengan tinta hitam akan lebih memberikan kesan formal dibanding anda menulis dengan menggunakan tinta biru apalagi merah
  4. Memenuhi Sifat Singkat, Padat dan Jelas. Buat cukup satu halaman saja dengan lamaran yang singkat, padat dan jelas
  5. Pengaturan Tata Bahasa yang Baku, dalam hal ini sesuai dengan EYD.Hati-hati dalam menulis lamaran. Gunakan struktur bahasa yang baik dalam penulisan surat lamaran
  6. Mudah untuk Dicerna. Maksudnya adalah buat surat lamaran anda mudah dipahami. Jangan mentang-mentang anda bisa bahasa kontemporer lalu dengan seenaknya anda mencantumkan bahasa tersebut di lamaran anda. Karena mungkin saja anda bisa dianggap berlebihan
  7. Melakukan Pengecekan Ulang Terhadap Resume Anda dalam hal ini setelah selesai menulis surat lamaran, usahakan cek ulang. Takut ada kesalahan penulisan atau karena struktur bahasa yang tidak baik



Urutan Susunan CV (Daftar Riwayat Hidup)

  1. Menuliskan identitas CV dan pas foto Anda yang terbaru.
  2. Menuliskan riwayat pendidikan dan pelatihan (kursus-kursus tertentu)
  3. Memaparkan pengalaman kerja, jika ada tonjolkan kemampuan Anda disini yang jarang dimiliki oleh orang lain, missal Anda orang mau bekerja keras dan ulet serta tidak pantang menyerah apalagi bosanan!
  4. Menceritakan tentang pengalaman berorganisasi


Jenis Surat Lamaran Yang Baik

  1. Sebaiknya dicetak, dengan maksud agar surat lamaran ditulis hendaknya dengan menggunakan komputer. Kecuali bagi perusahaan yang memang jelas-jelas menginginkan anda menulis lamaran dengan tulis tangan
  2. Isi dari surat lamaran sebaiknya dapat memberikan kesan simpatik tapi tidak terlalu berlebihan dan jangan merendahkan
  3. Usahakan di awal menulis surat lamaran, buat sebaik mungkin untuk menarik perhatian yang membacanya. Sehingga si pembaca akan memberikan perhatian lebih untuk terus membaca surat lamaran Anda. Karena Anda harus percaya bahwa “Kesan pertama begitu menggoda.” Tidak hanya berlaku ketika Anda bertemu dengan pasangan kekasih Anda, tetapi juga berlaku untuk mendapatkan lwongan kerja yang Anda idamkan.
  4. Jujur pada kemampuan diri sendiri, dimana jangan sekali-kali menggunakan bahasa inggris jika tidak diminta. Apalagi jika memang anda tidak mampu menulis surat lamaran dengan bahasa inggris
  5. Alasan dan tujuan melamar, dalam hal ini sertakan alasan dan tujuan anda melamar. Jangan terlalu detail. Usahakan singkat dan padat!
  6. Memperhatikan kerapihan surat lamaran, dimana kerapihan surat lamaran, mencerminkan kepribadian anda.
  7. Menggunakan bahasa yang mudah dimengerti! Maksudnya adalah jangan pernah menulis surat lamaran yang panjang dan tidak bermutu, karena hal itu akan menyebabkan si pembaca malas untuk memperhatikan surat lamaran anda.

Tips Ringan dan Berguna dalam Membuat CV (Daftar Riwaya Hidup) Anda
  1. Sebaiknya memakai kertas putih dan polos
  2. Cantumkan data pribadi (Identitas) dengan lengkap
  3. Jika ada pengalaman kerja, sebaiknya dicantumkan.
  4. Pengalaman dan skill yang lain jika ada jangan lupa untuk dicantumkan!

Comments :

0 komentar to “Tips Dan Trik Cari Lowongan Kerja”

Poskan Komentar